INDAHNYA BERSAMA DAN BERBAGI : JUMAT BERKAH DI MASJID JAMIAH

Mataram – Alhamdulillahi robbil alamin 50 nasi bungkus gratis dari Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Mataram Charity, mengawali Jumat 23 Februari 2024 bertepatan dengan tanggal 13 Sya’ban 1445 H.  Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Mataram Charity mengadakan kegiatan Jum’at Berkah kegiatan ini mengangkat tema “Salah satu cara Menggapai kebahagiaan adalah  Perbanyak berbagi kebaikan Terhadap Sesama” kegiatan ini dipimpin lansung oleh ketua DWP UIN Mataram didampingi pengurus dan anggota DWP lainnya. Kegiatan berbagi ini murni sedekah dari Dharma Wanita kepada jamaah sholat Jum’at di Masjid UIN Mataram,

Mengingat hari Jumat adalah hari yang memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Muslim. Allah memuliakan umat Nabi Muhammad saw dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Karena merupakan hari yang istimewa, diantara keistimewaan hari jumaat itu di antaranya adalah bersedekah pada hari tersebut.

Keutamaan bersedekah di hari Jumat, terdapat dalam bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat” dalam kitab al-Umm. Imam al-Syafi’i meriwayatkan hadits:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

Artinya: Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar”. Nabi bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, halaman 239).


Sedekah pada hari Jumat juga dianggap lebih mulia dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Keutamaan ini membuat sedekah pada Jumat menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Melalui sedekah, seseorang dapat mengekspresikan rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT dan juga mendapatkan berbagai manfaat, seperti memperoleh keberkahan rezeki, memperkuat tali silaturahmi, dan meraih pahala berlipat ganda.