Membuktikan Rasa Cinta Bersama al-Qur’an



Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram mengadakan lomba tadarus al-Qur’an di Bulan Ramadhan sebagai upaya membumikan al-Qur’an pada generasi muda, khususnya mahasiswa yang sedang menyantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram, supaya meningkatkan kualitas dan kemampuan membaca al-Qur’an baik kepada peserta maupun semua mahasantri.

Panitia bagian acara mengadakan dua jenis lomba tadarus yakni lomba tadarus bil Ghoibi dan tadarus bin Nadzri. Sebelum lomba tadarus dilaksanakan, panitia kegiatan Ramadhan meminta delegasi mahasantri dari masing-masing halaqoh yang akan mengikuti lomba dengan ketentuan lima orang mengikuti lomba tadarus bil Ghoibi dan semua santri dalam halaqoh tersebut wajib mengikuti lomba tadarus bin Nadzri kecuali peserta yang mengikuti lomba tadarus bil Ghoibi.

Lomba tadarus di Ma’had al-Jami’ah dilaksanakan selama 20 hari kedepan di Bulan Ramadhan yaitu dari tanggal 04-23 Ramadhan 1445 H. Pembukaan pelaksanaan lomba dilakukan hari Jum’at Tanggal 15 Maret 2024 M bertepatan dengan tanggal 04 Ramadhan 1445 H di Masjid Ma’had. Pelaksanaan lomba tadarus dilaksanakan setiap hari pukul 04.00-04.35 WITA sebelum salat tarawih untuk lomba tadarus bil Ghoibi dan pukul 21.05-21.30 WITA sebelum sahur untuk Lomba Tadarus bin Nadzri.

Lokasi lomba tadarus ini bertempat di Masjid Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram. Masjid Ma’had adalah tempat pusat kegiatan yang dilaksanakan oleh Ma’had baik kegiatan khusus maupun kegiatan umum. Adapun format duduk yang telah ditentukan oleh juri yakni dengan bentuk liter U dan semua peserta maupun penyimak berada di depan mahasantri.

Lomba tadarus ini bisa disaksikan melalui live di akun Facebook Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram dan link disebarkan ke setiap sosial media supaya dapat di saksikan oleh semua kalangan. Tujuan untuk mempublikasikan tentang lomba tadarus ini sebagai pemberian motivasi kepada semua santri supaya mereka mempersiapkan penampilan dengan maksimal yakni dengan cara berlatih dan memperbaiki bacaannya sebelum tampil, dan juga sebagai pengingat untuk semua orang yang menonton agar tetap untuk tadarus al-Qur’an.

Adapun juri untuk lomba tadarus ini ialah Ustadz Ahyar Rosidi, S.Ag. dan Ustadzah Rahmawati Fitrianingsih, S.Pd. Selain ada juri, terdapat juga penyimak yang nantinya akan mengoreksi bacaan secara langsung dan membantu untuk memperbaiki bacaan para peserta lomba karena pentingnya membaca al-Qur’an dengan tajwid yang baik dan benar. Ustadzah Rahmawati Fitrianingsih, S.Pd. selaku juri mengatakan “Selain untuk meningkatkan kualitas bacaan para peserta, dapat juga untuk meningkatkan kualitas bacaan semua santri karena santri sekaligus menjadi audience dan penyimak juga”. Oleh karena itu, salah satu manfaat diadakan lomba tadarus ini selain untuk membumikan al-Qur’an tetapi juga untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas bacaan dengan tajwid yang baik dan benar.