Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram Melalui Kitab Tafsir Yasin Hamami

Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram mengadakan Kajian Kitab Tafsir Yasin Hamami di bulan suci Ramadhan sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman dan kecerdasan spiritual Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram. Dalam mengembangkan kecerdasan spiritual mahasantri, Muallim dan Muallimah terus berusaha mengembangkan penjelasan kitab Tafsir Yasin Hamami sehingga mahasantri mempunyai pemahaman yang optimal dengan menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam kitab tersebut sehingga spiritualitas santri bisa diimplementasikan dalam diri setiap mahasantri.

Kajian kitab Tafsir Yasin Hamami di Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram  dilaksanakan selama 20 hari pada bulan suci Ramadhan 1445 H yang diikuti oleh seluruh Mahasantri. Kajian ini mulai dilaksanakan pada tanggal 04 sampai tanggal  23 Ramadhan di Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram. Adapun kegiatan kajian Kitab tersebut diisi langsung oleh Pengurus Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram dimulai dari Sekretaris Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram sampai Mudabbir dan Mudabbirah. Kajian terakhir kitab Tafsir Yasin Hamami dilaksanakan pada tanggal 23 Ramadhan 1445 H bertepatan dengan hari Rabu, 03 April 2024 yang diisi oleh sekretaris Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram yaitu Ustadz Wirawan Jamhuri, M.Pd.I. dalam kajiannya beliau menyampaikan tentang penjelasan Kitab Tafsir Yasin Hamami salah satunya yaitu tentang penjelasan Kun Fayakun dalam surah Yasin ayat 82 yang artinya “sesungguhnya keadaan-NYA apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, jadilah maka terjadilah ia” bahwasanya Allah SWT bisa berbuat sesuatu hanya dengan mengatakan kun fayakun, tapi sebenarnya itu hanyalah simbol karena saking cepatnya karena Allah SWT menciptakan segala sesuatu. 

Penyampaian beliau yang penuh dengan interaksi bersama Mahasantri membuat suasana menjadi lebih hidup dan bersemangat. Terutama dengan nasihat-nasihat yang beliau sampaikan kepada Mahasantri penuh dengan makna yang mendalam yang akan selalu diingat oleh setiap mahasantri. Selesai menyampaikan kajian Kitab Tafsir Yasin Hamami Ustadz Wirawan Jamhuri M.Pd.I bersama Mudabbir dan Mudabbirah serta seluruh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram melakukan foto bersama di Masjid Ma’had al-Jami’ah UIN.