Torehkan Kemenangan Bukti Kualitas Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram Yang Unggul Dan Kompetitif

Penulis: Admin Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram

Hadrah Mahad al-Jamiah UIN Mataram mampu torehkan prestasi juara harapan 1 pada ajang lomba Hadrah Competition dalam rangka “Anniversary ke-27 tahun Mitra10 Super Market Bahan Bangunan” yang berlokasi di Monjok, Kota Mataram pada Hari Minggu Tanggal 17 Maret 2024 M yang bertepatan dengan Tanggal 06 Ramadhan 1445 H. pada ajang ini diikuti oleh 10 peserta Grup Hadrah tingkat umum diantaranya Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram, PMBS (Pemuda Melayu Ber-Sholawat), Insan al-Mukhtar, Hubburrasul, al-Khelaifi, Majelis Sholawat al-Amin, Hadroh Syubbanul Mujahidin, Darul Khilaf, Syubbanunnajih, dan Bahrussyauqin Nabi. Grup Hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram sebagai peserta urutan pertama dan kemudian disusul oleh peserta yang lainnya. Hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram tampil dengan penampilan terbaik dan begitu juga dengan grup hadrah yang lain. Masing-masing grup pastinya sudah latihan semaksimal mungkin untuk mempersiapkan penampilan terbaiknya, namun hasil keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat sehingga Hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram menempati juara harapan 1. Walaupun menempati juara harapan 1, tetapi Hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram tidak berputus asa untuk terus menyiarkan Ma’had al-Jami’ah melalui ajang kompetisi disemua kalangan dengan meningkatkan latihan untuk menjadi lebih baik.

  Mitra10 selalu mengadakan Hadrah Competition setiap tahun dalam rangka memeriahkan acara Anniversary dan setiap tahunnya banyak grup hadrah yang ikut berpartisipasi hingga melebihi kuota yang sudah ditentukan. Peserta yang ikut berpartisipasi berasal dari kalangan umum baik dari grup hadrah Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga grup hadrah tingkat dewasa. Selain juara untuk peserta terbaik, panitia lomba juga menyiapkan juara untuk peserta terfavorit hingga supporter terheboh. Adapun hadiah yang diberikan kepada masing-masing juara diantaranya Juara 1, 2 dan 3 mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan. Sedangkan kepada juara harapan 1, 2 dan 3 diberikan hadiah berupa sertifikat dan bingkisan Ramadhan.

Sehubungan dengan ajang kompetisi tersebut, pelatih hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram Ustadz Ahyar Rosidi, S.Ag. mengatakan “Dalam kompetisi kali ini kami sudah menampilkan penampilan yang terbaik dan membawa nama baik Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram, namun persaingan yang cukup ketat sehingga belum bisa mendapatkan juara terbaik 1 dan para peserta yang lain juga sudah berjuang menampilkan penampilan yang terbaik”.

Selain itu, Hadrah Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram pernah menorehkan juara di berbagai event lomba Hadrah diantaranya pernah juara 3 di Kopang pada kegiatan lomba Hadrah tingkat umum Se-Pulau Lombok dalam rangka ulang tahun Ponpes NW Gonjong, kemudian mendapatkan juara 2 pada tahun 2023 di Hadrah Competition Mitra10 ketika Anniversary ke-26, dan alhamdulillah pernah juara 1 pada lomba Hadrah tingkat umum di Lombok Tengah dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hadrah Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram juga kerap mengisi serta ikut berpatisipasi dalam acara-acara di stasiun TV seperti TVRI dan stasiun Radio seperti RRI Mataram serta acara-acara besar seperti Khazanah Ramadhan di Islamic Center Mataram.

Dengan demikian, Hadrah Ma’had al-Jami’ah UIN Mataram selalu membawa harum nama Ma’had al-Jami’ah melalui kompetisi-kompetisi hadrah baik dari tingkat pelajar hingga tingkat umum Se-Pulau Lombok dengan menorehkan juara dan menjadikan Ma’had al-Jami’ah dikenal semua kalangan serta menjadikan Ma’had yang unggul dan kompetitif. Oci_Ning@Mahad